Resep Tongseng Kambing Spesial Enak Lezat

Bosan dengan menu makan yang melulu daging sapi dan ayam? Berikut ini resep tongseng kambing yang bisa disajikan sebagai menu makan malam keluarga.

Resep Tongseng Kambing


Bahan Utama Tongseng Kambing:

250 gram daging kambing muda potong dadu;

2 lembar kol iris kasar;

2 buah tomat potong 4;

1 batang sereh yang dimemarkan;

3 lembar daun jeruk;

5 butir bawang merah iris;

2 siung bawang putih iris;

1 cm kunyit yang sudah dihaluskan;

1 batang daun bawang yang dipotong 1 cm;

750 ml air;

2 sendok makan kecap Kurma;

5 cabe rawit merah;

1 sendok teh garam;

½ sendok teh merca bubuk; dan

5 sendok makan minyak untuk menumis.

Bahan Taburan:

Bawang Goreng

Cara Membuat:

Nyalakan api. Masukkan 5 sendok makan minyak untuk menumis; panaskan selama 1 menit. Masukkan sedikit bawang merah; apabila sudah timbul gelembung kecil disekelilingnya; menandakan minyak sudah panas. Kemudian masukkan irisan bawang merah; irisan bawang putih; kunyit; daun jeruk; dan batang sereh. Tumis hingga harum selama 1 menit dengan api besar. Setelah harum; masukkan daging kambing; masak hingga daging kambing berubah warna dengan api sedang.

Apabila daging kambing sudah berubah warna; tambahkan 750 ml air; kecap Kurma; garam; dan merica bubuk. Aduk rata dan masak hingga daging kambing empuk selama 15 menit dengan api sedang. Setelah 15 menit masukkan potongan tomat; daun bawang; irisan kol; dan cabe rawit merah. Aduk rata kembali dan masak hingga tomat dan kol layu selama 10 menit. Apabila tomat sudah terlihat layu; kemudian matikan api dan siapkan mangkuk saji.

Saran Penyajian :

Tuangkan tongseng kambing kedalam mangkuk saji beserta isiannya; kemudian taburi dengan bawang goreng. Tongseng kambing baik disajikan selagi panas.

0 Response to "Resep Tongseng Kambing Spesial Enak Lezat"

Posting Komentar